• SMA YADIKA 11 KOTA BEKASI
  • RELIGIUS, KREATIF, DAN KOMPETITIF

Ini 6 Tips Tenang dan Fokus saat Ujian supaya Lancar Mengerjakan Soal !

Belajar Efektif Jauh Sebelum Sebelum Waktu Ujian

Biar kamu tenang dan fokus saat menghadapi ujian, ada baiknya kamu mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan metode belajar efektif.

Ada banyak cara untuk melakukannya, kok. Misalnya, kamu bisa belajar bersama teman-teman seperjuanganmu atau kamu bisa minta waktu tambahan belajar bersama gurumu di sekolah.

Atau, kamu bisa belajar bersama Quipper Video. Sebab, di Quipper Video banyak materi pembelajaran yang akan membantumu memahami materi-materi ujian dengan optimal. Selain itu, di Quipper Video ada latihan soal yang dapat membantumu mempersiapkan diri menghadapi beragam soal yang akan muncul pada saat ujian.

Tentunya, belajar efektif ini harus kamu lakukan secara rutin dan terjadwal. Agar ada lengang waktu yang cukup untuk otakmu memproses segala materi pembelajaran dengan seksama.

Jangan Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Ketika kamu akan menghadapi ujian, usahakan tidak melakukan belajar dengan “sistem kebut semalam” alias SKS. Sebab, hal itu hanya akan membuatmu kekurangan waktu istirahat. Kekurangan waktu istirahat pastinya akan berdampak saat esok harinya kamu mengerjakan soal-soal.

Mulai diganggu rasa kantuk hingga kehilangan fokus akan kamu rasakan saat ujian. Bahkan, tubuh yang kurang istirahat akan membuatmu cepat panik sehingga ketika menghadapi soal-soal yang mudah akan terasa sulit.

Hal itu kiranya terjadi lantaran otakmu bekerja tidak maksimal. Kurang istirahat mengakibatkan asupan oksigen ke otak berkurang dan kinerja otakmu pun melambat. Kurangnya kinerja otak itu akan membuatmu sering blank dan bingung saat membaca soal. Kamu pun jadi kerja dua kali untuk membaca ulang dan memahami pertanyaan pada soal ujian.

Istirahat yang Cukup

Tips tenang dan fokus saat ujian nanti adalah kamu harus memiliki tubuh yang fit. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup sangat kamu perlukan. Jangan sering begadang dan juga jangan melakukan kegiatan yang kiranya akan menguras energimu secara berlebihan.

Usahakan, seminggu sebelum ujian, kamu sudah memiliki pola tidur yang benar. Cobalah untuk tidur dan bangun tepat waktu. Quipper Video Blog menyarankan kamu tidur lebih awal, yakni jam 9 malam sehingga kamu bisa bangun pukul 6 pagi dengan kondisi segar.

Lalu, ketika bangun tidur nanti, usahakan kamu melakukan sedikit pemanasan sebelum mandi. Hal itu perlu kamu lakukan agar tubuhmu bisa lebih rileks. Biasakanlah jam tidur tersebut dua minggu sebelum ujian. Dengan begitu, saat hari ujian tiba nanti tubuhmu telah beradaptasi dengan pola tidur yang baru.

Persiapkan Segala Keperluan Ujian Jauh-Jauh Hari

Belajar memang wajib kamu lakukan untuk dapat menghadapi ujian dengan mudah. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni segala perlengkapan ujian, mulai dari alat tulis hingga kartu ujian.

Kamu harus sudah mempersiapkan segala keperluan ujianmu agar tidak ada yang tertinggal saat akan berangkat ke tempat ujian. Pastikan segala keperluanmu sudah lengkap dan berada di dalam tasmu.

Akan lebih baik, segala perlengkapan ini sudah kamu siapkan di dalam tas seminggu sebelum ujian. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mencari-cari di mana letak benda-benda penting tersebut. Ketika pagi hari menjelang ujian, kamu hanya cukup mengambil tas dan langsung berangkat ke sekolah dengan tenang.

Pelajari Teknik Rileksasi Diri

Tips tenang dan fokus saat ujian selanjutnya adalah dengan belajar rileksasi diri. Mempelajari teknik merileksasikan diri kiranya cukup berguna agar dapat menenangkan pikiranmu menjelang ujian. Dengan melakukannya, kamu bisa lebih tenang dan rileks sehingga segala ketakutanmu saat akan menghadapi ujian bisa sirna.

Kiranya banyak varian teknik rileksasi diri yang bisa kamu terapkan. Namun, saran Quipper Video Blog ialah cobalah teknik yang kiranya sesuai dengan karakter dirimu. Sebab, setiap orang memiliki titik rileksasi yang berbeda-beda. Bila kamu menerapkan teknik rileksasi yang salah, justru teknik itu tidak akan berguna untukmu.

Kenali dulu hal apa saja yang bisa membuat dirimu rileks. Untuk dapat mengenalinya, kamu cukup mengingat kebiasaanmu saat sedang panik. Ada beberapa teknik umum yang bisa kamu terapkan saat akan panik. Teknik tersebut seperti menarik napas panjang, memejamkan mata, dan berhenti berpikir sejenak.

Makan & Minum yang Cukup Sebelum Ujian

Sebelum kamu menghadapi ujian, jangan sampai lupa sarapan ya, Quipperian. Dengan asupan makanan dan minuman yang cukup, kamu jadi punya cukup energi untuk mengerjakan soal ujian. Saat perut kenyang dan rasa haus hilang, konsentrasi jadi lebih baik, lho.

Tapi ingat Quipperian, jangan berlebihan juga ya. Kalau kondisimu kekenyangan, bukannya mengerjakan soal dengan optimal malah kamu jadi mengantuk. Jangan pula minum berlebihan kalau kamu nggak mau bolak-balik ke kamar kecil.

Cukupkanlah sarapanmu dengan menu yang ideal dan minum seperlunya, misalnya dengan dua tangkup roti dan segelas susu. Dengan porsi seperti ini, perut pun setidaknya ‘terganjal’ tapi tidak terlalu penuh.

Komentar

makasih kakak kontennya sangat bermanfaat sekali untuk saya yang akan melakukan ujian, saya akan memakai tips tips nya

Bermanfaat banget! thanks ya.. menunjang study aku di UT (Universitas Terbuka) jurusan FKIP Bahasa Inggris

Terimaksih tips nya sangat bermanfaat

Terimaksih tips nya sangat sangat membantu

makasih tips ny

Mding liat TikTok,nilai adalah angka

Makasih tips nya,, semoga bermanfaat di aku☺ dan semoga nilai ku bagus,,

Makasih kak tips ya

Komentar diatas saya gak berwawasan

Makasih tips nya

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Lulus SNMPTN

Selamat Kepada siswi SMA YADIKA 11 yang telah Lulus seleksi SNMPTN Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 1.   NAMA  : MARYAM NUR HASANAH KELAS : X

16/04/2020 18:02 WIB - 4dm1n
Launching Website Sekolah

SMA Yadika 11 Kota Bekasi membuktikan konsistensinya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi civitas akademika dan masyarakat luas. Hal ini ditunjukkan dengan launching website sekolah

18/03/2020 10:43 WIB - 4dm1n
Antisipasi Paparan COVID-19, Seluruh Pelajar di Jabar Belajar di Rumah

Pemerintah Jawa Barat memutuskan untuk seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan metode jarak jauh. Hal itu untuk mengantisipasi terpaparnya pelajar sekolah di Jawa Barat dari

08/03/2020 07:51 WIB - 4dm1n
Jadwal Ujian Nasional SMA/MA 2020

Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan jadwal resmi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun ajaran 2019/2020. BSNP merupakan

08/03/2020 07:51 WIB - 4dm1n
S N M P T N

Prinsip Penerimaan Mahasiswa Baru PMB Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan prinsip : adil, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, ko

08/03/2020 07:51 WIB - 4dm1n
Ini alasan Menteri Nadiem soal wacana penghapusan ujian nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi rencana penghapusan ujian nasional (UN).  Menurut dia, ada keinginan untuk m

08/03/2020 07:51 WIB - 4dm1n